Minggu, 18 April 2010

SARAPAN DIANJURKAN TINGGI LEMAK

. Minggu, 18 April 2010


"Mengapa sarapan di pagi hari dianjurkan mengandung lemak tinggi, salah satunya karena dapat Mencegah Sindroma Metabolik"

Makan pagi seperti Raja, makan siang ala pangeran dan makan malam bagai simiskin, bisa menjadi saran yang baik untuk mencegah sindroma metabolik. Sindroma ini ditandai oleh perut yang buncit, trigliserida tinggi, resistensi insulin, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan University of Alabama at Birmingham (UAB), dan dipublikasikan pada International Journal of Obesity edisi online, menyimpulkan bahwa sarapan tinggi lemak ternyata dapat mencegah terjadinya sindroma metabolik.

Dalam percobaan itu tikus yang diberi makanan tinggi lemak setelah bangun tidur pagi memiliki profit metabolik normal. Sebaliknya, tikus yang diberi makanan kaya karbohidrat di pagi hari dan makanan tinggi lemak pada malam hari, mengalami peningkatan berat badan, adipositas, intoleransi glukosa, dan tanda sindroma metabolik yang lain.

"Studi ini telah melihat jenis dan kuantitas asupan makanan, juga melihat bahwa waktu tertentu mengkonsumsi makanan itu mempengaruhi berat badan".Asupan lemak dipagi hari akan mengaktifkan metabolisme lemak secara efisien. Makanan pertama yang diasup tampaknya memprogram metabolisme di sepanjang hari.

Penelitian ini menunjukkan bahwa sarapan tinggi lemak membuat seseorang memiliki plastisitas metabolisme untuk mentransfer pemanfaatan energi antara karbohidrat dan lemak.

2 komentar:

bagaimana cara mengecilkan perut mengatakan...

infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

cara melangsingkan tubuh setelah melahirkan mengatakan...

Terimakasih gan, keep blogging. templatenya bagus ini, pengen deh punya blog kayak gini.

Posting Komentar