Minggu, 23 Agustus 2009

MITOS SEPUTAR ASI

. Minggu, 23 Agustus 2009


Ada banyak mitos yang beredar tentang ASI. Salah satunya yang teraneh yang pernah didengar Dr. Jack Newman, FRCPC, dari seorang bidan ketika ia berkunjung ke puskesmas di Jakarta Utara. “Katanya, kalau ASI menetes ke alat genital bayi, maka ia akan meninggal saat besar nanti,” tutur Dr. Newman saat temu media di Dharmawangsa Square, Jakarta.

Selain mendengar mitos, Dr. Jack yang pergi bersama Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), juga melihat kejadian lain. Ia mendapati seorang ibu yang baru saja melahirkan, ingin memasang alat kontrasepsi. Ibu itu memilih suntik, tapi ada yang tidak diketahuinya. “Kalau ibu itu menggunakan kontrasepsi suntik, air susunya tidak akan keluar lagi. Dan saya tidak mengerti, mengapa ibu tersebut mau melakukannya?” tanyanya dengan nada heran.


Dr. Newman adalah dokter anak yang mendirikan klinik laktasi pertama di Kanada pada tahun 1984. kedatangannya ke Jakarta adalah bagian dari rangkaian pecan ASI Sedunia. Pantaslah jika ia sangat paham tentang menyusui dan ASI.

Selain mengadakan temu media, dihari ketiga Dr. Jack juga memberikan seminar tentang Menyusui Menyelamatkan Jiwa Ibu dan Bayi bagi masyarakat awam. Dibulan Agustus ini, AIMI menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait dengan ASI.


Sumber : Gaya Hidup Sehat

0 komentar:

Posting Komentar